Friday 26 July 2013

PENGOLAHAN KOPI DENGAN VARIAN RASA BUAH




PENGOLAHAN KOPI DENGAN VARIAN RASA BUAH









Diusulkan oleh :
Ghifery Indana                                                 (101910201018)
Reza Gilang Ramadhan                                   (101910201029)
Gali Ganatama                                                 (101910201060)
Toni Ragil Saputro                                           (101910201027)





UNIVERSITAS JEMBER
JEMBER
2012




A.  Judul  : Pengolahan Kopi dengan Varian Rasa Buah Di Kabupaten Jember

B.  Latar Belakang Masalah
Inovasi baru dalam pembuatan kopi, dengan rasa yang tidak biasa. Kita tentu tahu bagaimana rasa khas dari kopi, namun bagaimana bila rasa kopi tersebut kita mix atau dicampur dengan varian rasa buah. Tentu kita akan bertanya-tanya bagaimanakah rasanya?. Kalau kopi yang dijual di kedai-kedai dicampur dengan susu, karamel, krim dsb. Mungkin itu sudah menjadi hal yang biasa. Untuk itulah kita membuat alternatif  baru tentang kopi dan juga merupakan alternatif baru dalam bidang kewirausahaan.
            Masyarakat tentu akan penasaran dengan suatu hal yang bersifat baru dan unik, apalagi tentang masalah kopi. Karena mayoritas masyarakat penikmat kopi, entah itu laki-laki, perempuan, tua dan remaja semuanya menyukai kopi.
Pemikiran tentang inovasi baru ini didukung dari kebutuhan masyarakat karena masyarakat lambat laun akan bosan dan penat dengan hal yang bersifat sama atau itu-itu saja. Oleh karena itulah agar kopi tetap menjadi penikmat minuman nomor satu kami membuat inovasi baru tersebut. Kenapa kami membuat topik tentang kopi karena kopi merupakan suatu minuman hangat yang banyak digemari oleh berbagai kalangan masyarakat. Pencampuran dengan varian rasa buah ini dengan didukung rasanya yang manis juga didukung dengan banyaknya vitamin-vitamin yang terkandung dalam buah tersebut. Jadi kita dapat menikmati rasa khas dari kopi dan juga rasa manis dari buah. Sekaligus dapat mensupplay vitamin-vitamin dalam tubuh. Kalau kita tahu kopi mengandung kaffein yang merupakan zat yang berbahaya bagi tubuh jika lambat laun kita terus menkonsumsinya dalam tubuh pasti tubuh kita akan mengalami dampak negatif.  Mungkin dengan pencampuran dari buah tersebut, kami dapat memperoleh perbandingan yang seimbang antara dampak buruk dari kopi dengan dampak baik dari buah tersebut. Juga mungkin perbandingan dampak yang baik lebih tinggi daripada dampak buruknya.
Dengan inovasi baru ini kami berharap agar dampak dari menkonsumsi kopi dapat di minimalisir atau dapat di kurangi. Yang nantinya penikmat kopi akan terus tetap menimati kopi. Bahkan kami berharap agar penikmat kopi akan terus bertambah.

C.  Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah di atas maka dapat disimpulkan pokok
permasalahan yang muncul adalah sebagai berikut.
1.      Bagaimana pengolahan kopi dengan inovasi yang baru dengan rasa buah?
2.      Metode penawaran dan penjualan apa yang dapat dilakukan untuk menarik minat konsumen untuk membeli kopi rasa buah?

D.  Tujuan
Tujuan program ini sebagai berikut.
1.      Untuk membuat tata cara proses pengolahan kopi dengan inovasi yang baru dengan rasa buah.
2.      Tata cara metode penawaran dan penjualan apa yang dapat dilakukan untuk menarik minat konsumen untuk membeli kopi rasa buah.

E.  Luaran Yang Diharapkan
Luaran yang diharapkan melalui program ini adalah sebagai berikut.
1.      Mampu membuat inovasi baru kopi dengan rasa buah.
2.      Menumbuhkan jiwa wirausaha (entrepreneurship) mahasiswa sebagai bekal bagi mahasiswa setelah lulus kuliah.

F.   Kegunaan Program
Dengan dilaksanakannya program ini, diharapkan dapat memberikan kontribusi yang positif terhadap berbagai pihak yang terlibat secara langsung maupun tidak langsung. Adapun kegunaan yang dapat ditarik dari program ini antara lain sebagau berikut.
1.      Bagi Masyarakat Umum
Dengan terlaksananya program ini diharapkan dapat memberikan rasa baru dalam kopi dengan rasa buah.
2.       Bagi Pelaksana Program
Dengan terlaksananya program ini diharapkan pelaksana program dapat meningkatkan pengetahuan serta kreativitasnya guna menjadi bekal dalam pengembangan ilmu pengetahuan praktis yang didapat selama ini.
3.      Bagi Pemerintah
Program ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dalam berbagai aspek pengembangan ilmu dan aplikasi praktis untuk Pemerintahan Pendidikan Tinggi (DIKTI) sebagai wujud  luaran yang diharapkan.
4.      Bagi Petani Kopi
Program ini diharapkan dapat membantu dalam memasarkan produk yang di produksi dan meingkatkan nilai jual kopi sehingga dapat mengangkat nasib petani kopi di Kabupaten Jember.

G. Gambaran Umum Rencana Usaha
Produk kami memiliki keunggulan dalam kualitas rasa kopi yang unik dan belum terdapat di kabupaten Jember. Bahan baku kami berasal langsung dari Petani kopi  kabupaten Jember sehingga bahan baku dapat dibeli dengan harga lebih murah.
Dengan melihat minat dan kegemaran yang tinggi pada kopi, produk kami memiliki prospek yang cerah dan memiliki keunggulan kompetitif di pasaran karena belum  ada kopi dengan rasa buah  di Jember. Kami yakin dengan  melihat peluang usaha yang ada di kabupaten Jember khusunya dalam bidang kopi, kami akan memproduksi dan memasarkan kopi dengan rasa buah.
Target pemasaran kopi rasa buah kami adalah toko-toko dan warung-warung yang ada diwilayah kota Jember maupun daerah-daerah kecamatan di kabupaten Jember, café-café, pusat oleh-oleh ataupun kedai-kedai makanan. Untuk meyakinkan para konsumen, kami menyediakan sampel produk kopi buatan kami untuk dicoba oleh para konsumen selain itu kami juga menyediakan jasa pengiriman gratis untuk konsumen yang ingin memesan kopi dalam jumlah yang lebih.
Dengan pemilihan lokasi pemasaran strategis di toko-toko, cafe-cafe, pusat oleh-oleh ataupun kedai-kedai makanan di kabupaten Jember yang banyak dikunjungi konsumen, kami sangat yakin produk kami akan laris di pasaran. Baik itu dari kalangan masyarakat kelas atas sampai kelas bawah, karena produk kami adalah kopi dengan harga yang murah.

H.  Metode Pelaksanaan
1.    Analisis Produk
a.    Perencanaan dan Deskripsi Produk
Produk utama yang akan di pasarkan yaitu berupa kopi dengan jenis pilihan rasa buah: strawberry, duren, dan jeruk.
b.    Keunggulan dan Nilai Tambah Produk
1)   Rasa
Ø Produk kami memiliki rasa yang unik karena dengan adanya rasa buah pada kopi.
2)   Pelayanan dan Kemudahan Service yang diberikan
Kami membuka layanan delivery call (pesan antar) khusus dalam kota Jember. Sehingga konsumen yang membutuhkan tidak perlu bersusah payah datang ke tempat kami.
c.       Merk Produk
Produk yang akan kami buat bermerk “F-Coffe”, di mana bahan utamanya menggunakan kopi yang di campur dengan ekstrak buah-buahan.
d.      Pemenuhan Kebutuhan Konsumen
 Pemenuhan kebutuhan disesuaikan dengan kebutuhan, keinginan dan harapan dari pelanggan.
e.       Kontinuitas Material
Bahan baku untuk produksi dapat dengan mudah didapatkan secara langsung dari petani kopi di Kabupaten Jember.
f.       Media Promosi
Media promosi yang akan kami gunakan adalah
1)      Toko-toko, café-café, pusat oleh-oleh dan kedai-kedai makanan di kabupaten Jember.
2)      Leaflet dan brosur yang disebarkan di tempat-tempat strategis, misalnya tempat kumpulnya para mahasiswa.
3)      Media on line jejaring sosial seperti weblog, facebook, twitter, multiply dll.

2.    Analisis Pasar
a.    Wilayah Pemasaran
Wilayah pemasarannya adalah kota Jember dan daerah sekitar Universitas Jember. Di daerah tersebut banyak terdapat toko-toko dan warung-warung kopi. Serta tidak menutup kemungkinan masyarakat daerah-daerah kecamatan di kabupaten Jember.
b.    Profil Konsumen
Konsumen secara langsung baik perseorangan maupun rumah tangga serta instansi-instansi yang membutuhkan.
c.    Peluang Pasar
Berdasarkan analisis potensi permintaan pasar yang sudah dipaparkan di atas tadi dapat disebutkan peluang pasar yang kami dapatkan, antara lain:
1)        Harga kopi rasa buah kami yang murah.
2)        Di daerah Kabupaten Jember belum ada penjual kopi rasa buah, sehingga kami dapat memasarkan tanpa pesaing.
3)        Nilai tambah pada produk kami yang tergolong produk baru.

3.   Metode Pengolahan
a.       Proses Pembuatan Kopi Bubuk.
b.      Biji kopi sebelum dihaluskan terlebih dahulu harus dipanaskan dalam wajan besi hal ini untuk memudahkan dalam penghalusan kopi.Kemudian kopi didinginkan di tempat terbuka setelah kopi dingin dihaluskan di mesin penggiling kopi.
c.       Proses Pembuatan Sari Buah.
d.      Sari buah dibuat dengan pemerasan buah yang telah masak. Kemudian cairan yang dihasilkan dari pemerasan didihkan hingga menjadi pekat.
e.       Pembuatan Kopi Rasa Buah
Biji kopi yang sudah dihaluskan kemudian dicampur dengan sari buah dengan perbandingan 75:35 supaya tidak menghilangkan cita rasa dari kopi.

4.    Susunan Pengelola Kopi rasa buah
Pimpinan Perusahaan (Gali Ganatama)
Manager Keuangan (Ghifery Indana)
Manager Produksi (Toni Ragil Saputro)
Manager Pemasaran (Reza Gilang)
Divisi Promosi (xxxxxxxxxxxxxx)
 







Job Descriptions:
  1. Pimpian perusahaan
·         Bertanggung jawab atas jalannya perusahaan, serta.
·         Mengawasi kinerja manager-manager yang ada dibawahnya.
  1. Manager Keuangan
·         Bertanggung jawab mengawasi cash in cash out perusahaan.
·         Menjaga agar kondisi keuangan perusahaan tetap stabil.
·         Berkoordinasi dengan manager produksi dan pemasaran.
  1. Manager Produksi
·         Bertanggung jawab atas kelancaran produksi.
·         Mengawasi ketersediaan bahan baku dan kontinuitas produksi.
·         Melakukan pengembangan produk dan menerapkan inovasi baru.
  1. Manager Pemasaran
·         Bertanggung jawab atas pemasaran produk yang telah diproduksi.
·         Berkoordinasi dengan manager produksi dan divisi promosi.
·         Melakukan survey pasar.
·         Mencari daerah-daerah yang potensial utuk daerah pemasaran.
  1. Divisi Promosi
·         Membuat media promosi seperti: Pamflet, brosur, banner, spanduk, liftlet, dan media lainnya untuk mengenalkan prosuk kepada konsumen agar tertarik untuk membelinya.
·         Merancang kegiatan sebagai upaya mempromosikan produk untuk meningkatkan volume penjualan.

I.     Jadwal Kegiatan

No
Kegiatan
Bulan Ke-
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
Pencarian data dan
studi literature
















2
Penyiapan sarana dan
prasarana
















3
Produksi
















4
Pemasaran dan promosi
















5
Penyusunan laporan

















J.    Rancangan Biaya
1.    Biaya investasi alat
No
Jenis
Jumlah Unit
Unit Harga (Rp)
Nilai Investasi (Rp)
1.
Sewa Rumah Produksi
1buah
3.000.000
3.000.000
2.
Kompor gas
1buah
300.000
300.000
3.
Tabung gas
1buah
250.000
250.000
4.
Blender
1buah
600.000
600.000
5.
Mesin Giling
1 buah
2.000.000
2.000.000
6.
Panci
2 buah
70.000
140.000
7.
Kain Lap
5 buah
10.000
50.000
8.
Gelas
5 buah
10.000
50.000
9.
Sendok
1 lusin
30.000
30.000

Jumlah Biaya Investasi


6.420.000

2.    Biaya Produksi
No.
Jenis
Jumlah Unit
Harga / unit (Rp)
Jumlah Biaya (Rp)
A.
Biaya Tetap



1.
Transportasi
 4 minggu
100.000(per minggu)
400.000
2.
Promosi (Label, iklan)
4 minggu
150.000(per 2minggu)
300.000
3.
Penyusunan laporan
4 minggu
40.000
40.000
4.
Konsumsi
4 bulan
200.000
800.000

Total biaya tetap


2.640.000
B.
Biaya variabel



1.
Kopi
3 kg
34.000 (per kg)
102.000
2.
Buah Stawberry
3 kg
40.000(per kg)
120.000
3.
Buah Jeruk
3 kg
3000 (per kg)
9.000
4.
Buah Duren
3 buah
8.000 (per buah)
24.000
5.
Gas
1 tabung / 12 kg
80.000
80.000
6.
Gula
10 kg
10.000 (per kg)
100.000
7.
Sachet Kemasan
50 buah
1000
50.000

Total biaya variabel per 1 kali produksi (xx unit)


485.000

3.    Total Biaya
a.    Biaya Investasi Alat       : Rp  6.420.000
b.    Biaya Tetap                     : Rp  2.640.000
c.    Biaya Variabel                : Rp    485.000 +
                                                Rp  9.545.000
4.    Analisis Pemasukan dan Pengeluaran Keuangan
Pemasukan
Dana Dikti                        : Rp 9.998.000
Pengeluaran
Biaya investasi                  : Rp 6.420.000
Biaya tetap                        : Rp 2.640.000
Biaya variabel                   : Rp    485.000  +
Biaya pengeluaran             : Rp 9.545.000

Jadi, modal yang kami butuhkan adalah sebesar
Rp 9.545.000

Adapun untuk Finansial Plan akan kami uraikan pada lampiran 2.

























Lampiran 2
Finansial Plan
·      Analisa Pendapatan Produksi
Jenis Produk
Harga Satuan
Jumlah/ produksi
Harga
Kopi rasa strawberry
25.000
20
500.000
Kopi rasa anggur
25.000
20
500.000
Kopi rasa duren
25.000
20
500.000
Kopi rasa jeruk
25.000
20
500.000
Total pendapatan perproduksi (80 unit)
2.000.000
Total pendapatan perbulan (3 kali produksi)*
6.000.000










Total Biaya Untuk Bulan Pertama
a.       Biaya Investasi Alat       : Rp  6.420.000
b.    Biaya Tetap                     : Rp  2.640.000
c.    Biaya Variabel                : Rp     485.000 +
                                             Rp9.545.000


Proyeksi Rugi-Laba





Keterangan
Bulan 1
Bulan 2**


A. Pendapatan
5,625,000
5,906,250


B. Biaya Usaha


Bahan Baku
2,733,500
2,870,175


Tenaga Kerja
300,000
300,000


Transportasi
200,000
200,000


Administrasi
100,000
100,000


Promosi
100,000
100,000


Komunikasi
130,000
130,000


TOTAL BIAYA
3,563,500
3,700,175


C. Laba Usaha (A-B)
2,061,500
2,206,075


D. R/C Ratio (A/B)
1.57
1.59


** diasumsikan biaya bahan baku mengalami kenaikan sebesar 5% maka dapat diasumsikan harga jual produk meningkat sebesar 5% pula sehingga pendapatan meningkat sebesar 5%.

BEP (break even point)
BEP Penerimaan (Rp)   
=     =   
=    = Rp 2.901.099,-








No comments:

Post a Comment